Saat ini, akun media
sosial yang paling banyak digunakan adalah Facebook, Google+ Twitter, Line,
Instagram dan YouTube. Namun dalam pemanfaatnya banyak yang belum menggunakan
Google+, padahal dibanding dengan media sosial yang lain akun ini lebih dapat
memudahkan artikel di web yang disare di Google+ untuk terdeteksi oleh search engine google.
Kemudian, ada baiknya
juga membuat akun media sosial LinkedIn, yang sering disebut sebagai jejaring
professional yang sudah selayaknya digunakan oleh lembaga pemerintahan. Keunggulan
LinkedIn ini terdapat fitur untuk mencari pekerjaan sehingga akan memberi
contoh untuk para mahasiswa dari suatu Universitas untuk mulai membangun
reputasinya sejak masih mahasiswa.
Tujuan selanjutnya yang
harus ditingkatkan adalah untuk mengantarkan para pengguna sosial media yang
beragam agar sampai ke website utama Universitas tersebut, salah satunya untuk
meningkatkan peringkat Webomatrik website
utama Universitas. Beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu para petinggi Universitas
harus senantiasa menganjurkan untuk mengklik media sosial utama tersebut yang
bisa dipublikasikan melalui pembuatan banner ataupun videotron kampus.
Selain itu, hal atau tugas lain yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:
Selain itu, hal atau tugas lain yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:
- Optimalisasi Penggunaan Shorten Link
- Optimalisasi Penggunaan Hastag
Penggunaan
hastag bisa digunakan untuk menangkap
pembaca secara lebih meluas dengan keyword
yang sesuai. Selain itu bisa digunakan untuk membuat social media campaign atau bahkan mengejar trending topic di twitter.
- Instant Feedback
Komunikasi
dua arah harus dilakukan dengan cepat merespon setiap komentar masuk. Selanjutnya,
untuk mendekatkan dengan pembaca bisa dilakukan dengan membuat panggilan khusus
seperti: Halo #Akademia.
- Rutin dan berkelanjutan dalam membuat konten.
Update acara
dalam media sosial harus dilakukan pra,
live report dan pasca acara. Namun, tidak terlalu keseringan juga agar tidak
membosankan. Idealnya harus tetap terisi dalam jangka waktu 1-3 kali seminggu.
Tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya ketika 1 tahun diberi kesempatan untuk menjadi media sosial admin di BEM KM UNNES 2015. Saat itu, khususnya saya menjabat sebagai Staff Biro Manajemen Media dan Informasi BEM KM UNNES 2015 Kabinet Gelora Perubahan. Kemudian tulisan ini berhasil mengantarkan saya untuk dipanggil Psikotest pada recruitment di sebuah lembaga, namun cukup membuat galau karena hingga tulisan ini diterbitkan belum ada panggilan lebih lanjut lagi.
Semoga Bermanfaat!




0 komentar:
Posting Komentar